TUMIS KANGKUNG SEDERHANA MASAKAN KELUARGA IBU AIDA

 


assalamualaikum wr.wb

pada blog kali ini saya akan berbagi cerita tentang menu masakan keluargaku yaitu tumis kangkung.

~Sejarah Masakan

Tumiskangkung merupakan makanan khas yang cukup terkenal di masyarakat Indonesia.Tumis kangkung ini sudah ada sejak nenek moyang kita yang diwariskan turun temurun. Tumis kangkung juga memiliki kandungan zat dan kaya manfaat yang banyak bagi tubuh kita.Tumis kangkung hanya memerlukan waktu singkat untuk membuatnya. Karena tumis kangkung mudah di buat saya belajar memasak menumis kangkung dari ibu saya yang akan membuat cita rasa yang khas tersendiri dari tumis kangkung itu.

~Cerita Dibalik Masakan 

Tumis kangkung merupakan salah satu masakan yang sering menjadi menu sayuran favorit di rumahku. Selain karena cara memasaknya yang mudah, tumis kangkung juga sangat nikmat untuk disantap bersama berbagai macam lauk, seperti ikan dan ayam. Karena tidak hanya unggul dengan rasanya yang lezat, tumis kangkung juga memiliki berbagai manfaat bagi kesehatan.

~Jenis masakan 

Jenis masakan yang saya masak adalah tumis kangkung yang sudah cukup terkenal di kalangan masyarakat indonesia.Tumis Kangkung kali ini juga menjadi menu dan masakan yang cukup favorit di keluarga saya.

~Bahan-Bahan Masakan

- 1 ikat kangkung

- 10 cabe merah

- 20 cabe rawit

- 15 bawang merah

- 5 bawang putih

- 2 buah tomat

- kecap (secukupnya)

- garam (secukupnya)

- penyedap rasa (secukupnya)

- minyak goreng

- air

Alat-alat :

• wajan

• baskom

• talenan

• spatula

• gelas

• pisau

• mangkok

~Cara meracik/membuat tumis kangkung

Resep racikan tumis kangkung ini saya belajar dari ibu saya,dan saya di berikan arahan cara memasak tumis kangkung ini, karena bahan nya yang mudah di dapat dan tidak memerlukan waktu lama untuk membuatnya sehingga masakan ini cukup diminati keluarga saya.Tumis kangkung ini memerlukan sedikit bumbu seperti bawang merah,bawang putih cabai,tomat,garam,dan penyedap rasa secukupnya,takaran dan bumbu yang pas akan menambah masakan tumis kangkung ini menjadi nikmat dan lezat .

~Teknik memasak

•Langkah-langkah: 

- siapkan bumbu bahan dan alat 

kumpulkan semua bahan dan bumbu seperti : 1 ikat kangkung, 10 cabe merah, 20 cabe rawit, 15 bawang merah, 5 bawang putih, 2 buah tomat, kecap, garam, penyedap rasa.

- siapkan kangkung 

cuci bersih kangkung dengan air yang mengalir hingga bersih.

- panaskan minyak goreng lalu tumis irisan bawang, cabai, dan tomat
nyalakan kompor lalu panaskan minyak pada wajan yang sudah disiapkan.

-tumis semua bumbu
tumis semua bumbu sampai aromanya harum.

-masukkan kangkung yang sudah dicuci bersih ke dalam wajan yang sudah berisi tumisan bumbu
tumis kangkung sampai layu.


- tuang air dan masukkan semua bumbu²
tuang air secukupnya.
masukkan garam secukupnya.
masukkan masako secukupnya.
masukkan penyedap rasa secukupnya.
tuang kecap secukupnya.
setelah itu biarkan kangkung layu sambil di oseng oseng hingga matang.

-angkat dan tumis kangkung siap disajikan
Setelah itu hidangkan di atas mangkok yang sudah disiapkan dan tumis kangkung siap disantap. 

~Teknik Memasak 
Tumis kangkung dimasak dengan teknik menumis dengan sedikit minyak dan sedikit irisan bumbu dan diberi sedikit air. Tumis kangkung tidak memerlukan waktu lama untuk memasaknya,cukup masak tumis kangkung sampai kangkung layu dan cukup matang untuk disantap dan icip rasa agar menjadikan rasa yang pas dan nikmat.

~Cara Menghidangkan 
Tumis kangkung biasanya di hidangkan untuk lauk makan bersama nasi apalagi dalam keadaan hangat yang akan menambah citarasa yang menggugah selera dan disantap bersama keluarga yang akan menambah hidangan tumis kangkung berkesan.

~Kapan dan Bersama Siapa Dinikmati
Tumis Kangkung biasanya dapat dinikmati kapan saja bersama keluarga untuk lauk dan makanan sehari hari yang cukup mudah di buat.tumis kangkung biasanya dinikmati keluarga saya saat waktu sarapan apalagi dengan nasi hangat. ayah saya sangat suka dengan tumis kangkung ini saya dan ibu saya juga suka,karena rasanya yang enak dan lezat membuat keluarga saya selalu menjadikan tumis kangkung ini makanan favorit semua keluarga saya.tumis kangkung juga menjadi menu andalan ibu saya saat sarapan pagi.apalagi tumis kangkung ini di santap bersama keluarga ,yang akan menambah suasana kenyamanan dan situasi yang harmonis bersama keluarga.

~Kekhasan Cita Rasa 
Tumis kangkung memiliki cita rasa yang khas karena rasa nya yang cukup lezat dan aroma yang memancing selera makan kita.Apalagi tumis kangkung di nikmati saat makan bersama keluarga pasti cita rasa yang khas dan nikmat membawa tumis kangkung ini menjadi sangat spesial.

~Hal menarik dari masakan 
Hal yang menarik dari tumis kangkung ini adalah rasa dan bahan masakan yang mudah didapat dan teknik memasaknya tidak memerlukan waktu yang lama.Apalagi saya memasak dengan ibu saya yang akan memberikan kesan yang menarik dari masakan tumis kangkung ini.

~Peluang menjadi kuliner andalan/ kuliner warung/ warung online
Sekarang sudah banyak warung makan modern yang cukup banyak dikalangan masyarakat apalagi sekarang banyak menggunakan masakan yang mudah di buat dengan cara instan. Maka untuk peluang bisnis Tumis Kangkung bisa dijadikan menu pilihan warung untuk membuat Tumis kangkung. Karena mudah sekali untuk membuatnya dengan bahan dan bumbu yang mudah didapat apalagi harganya juga terjangkau ,maka keuntungan penjual juga bisa didapatkan dengan bahan bahan baku yang cukup murah atau terjangkau.

~Kendala stok bahan masakan 
Tidak ada kendala saat memasak tumis kangkung ini karena semua bahan mudah ditemukan. sayur kangkung mudah di temukan di tukang sayur atau pasar terdekat. Stok bumbu juga sudah siap tersedia semua dirumah.

Cara membuat tumis kangkung ini sangatlah mudah bukan? apalagi sayur kangkung mudah ditemukan ditukang sayur maupun di pasar terdekat dan harganya pun sangat murah. Pengalaman memasak tumis kangkung ini saya pernah belajar dari ibuku waktu sd, dan itu sangatlah mudah untuk menyajikan sarapan pagi yang lezat dimakan agar perut kenyang sebelum berangkat ke sekolah.
Demikian blog tentang masakan tumis kangkung ala keluarga saya yang dapat saya ceritakan sampai jumpa pada blog selanjutnya☺️

Wassalamualaikum wr.wb

PENULIS adalah RISHA AULIA EKA PRANANTYA, Tinggal di desa Pancur, Kecamatan Pancur, Kabupaten Rembang, Kode Pos 59262, dengan alamat surel rishaauliaekapranatya@gmail.com

Komentar

Postingan populer dari blog ini

PERUBAHAN SOSIAL DALAM PENGOBATAN MASYARAKAT JAWA

KULINER LEBARAN